Image and video hosting by TinyPic

Rabu, 29 Mei 2019

Apakah itu Satelit? Yuk Mengenal Lebih Dalam Mengenai Teknologi Satelit


Bumi memang memiliki teknologi canggih seiring berkembangnya waktu, dan itu juga tentunya untuk memudahkan kelangsungan hidup manusia. Di galaksi bisa sakti maha luas, rasanya hanya bumi-lah yang memiliki kehidupan dan kecerdasan dari makhluk-makhluk hidupnya sehingga banyak menciptakan teknologi yang terasa mustahil sebelumnya. Salah satunya adalah teknologi satelit, yang diciptakan manusia dan diorbitkan di luar angkasa untuk menunjang beberapa teknologi lain di bumi.

Penciptaan teknologi ini sangat luar biasa pastinya juga membantu dalam kemudahan manusia. Namun dibalik hal itu, rupanya masih banyak orang awam yang belum mengerti sepenuhnya mengenal satelit beserta fungsi-fungsinya. Oleh sebab itu, berikut ini adalah ulasan mengenai teknologi satelit secara mendalam.

Pengertian Satelit - Apa itu Satelit?



Satelit sebenarnya berasal dari bahasa latin yakni satelles yang diartikan sebagai pelayan, seseorang yang mematuhi atau melayani pihak lain. Sedangkan definisi secara ilmiah, satelit adalah suatu benda bergerak mengitari benda lain dalam jalur yang disebut orbit. Dan satelit sebenarnya ada dua jenis;

1. Satelit Alami, adalah satelit yang memang berasal dari alam, contohnya Bulan adalah satelit alami
    bagi bumi.
2. Satelit Buatan, adalah satelit yang dibuat oleh manusia kemudian ditempatkan di suatu
    orbit menggunakan kendaraan peluncur atau roket untuk tujuan tertentu, misalnya komunikasi,
    pemetaan, monitor cuasa dan lain sebagainya. Ada beberapa contoh satelit buatan, misalnya
    Palapa, Telkom, Garuda dan lain sebagainya.


  • Fungsi-Fungsi Satelit Buatan
Satelit buatan tidak hanya ada beberapa saja, melainkan ada ribuan dengan berbagai macam bentuk dan memiliki kegunaanya masing-masing. Semua satelit buatan tersebut mengorbit secara bebas di luar angkasa. Dan ada berbagai macam satelit buatan beserta kegunaanya.

1. Satelit Penginderaan Jarak Jauh (Remote Sensing Satellite)


Satelit ini di rancangkan khusus untuk mengamati bumi dan biasanya ditunjukkan untuk penggunaan non milliter seperti untuk pengawasan lingkungan, materiologi, peta dan lain-lain. Sehingga para peneliti dan pengamat bisa dengan cepat melihat beberapa bagian bumi ataupun secara keseluruhan. Hal ini dimaksukan untuk memudahkan serta agar lebih efisien untuk tujuan penelitian misalnya, karena untuk mengamati keseluruhan permuakaan bumi tidaklah mudah, bahkan dengan kendaraan darat pun tidak mudah. Maka dari itu, agar dapat memberikan informasi dan pengamatan dengan waktu singkat diterapkan teknologi satelit penginderaan jarak jauh ini.

2. Satelit Cuaca (Weather Satellit)


Sementara tugas satelit yang satu ini yakni memonitor dan mengetahui kondisi cuaca dan iklim bumi dengan wantu yang singkat sebagai bahan penelitian ataupun informasi. Satelit ini juga digunakan untuk memprediksikan cuaca sekaligus untuk mengantisipasi  adanya berbagai bencana alam.

3. Satelit komunikasi (Communication Satellite)


Satelit komunikasi berperan penting digunakan untuk membantu kemudahan komunikasi jarak jauh, baik itu menggunakan layanan telepon, atau pun internetnya dan sebagainya. Intinya satelit ini digunakan untuk pertukaran informasi.

4. Satelit Navigasi (Navigation Satellite)


Navigation satellite atau satelit navigasi adalah sistem satelit yang menyediakan posisi geospasial secara mandiri dengan jangkauan global ataupun seluruh dunia. Satelit ini biasanya juga disebut dengan stelit GPS, karena fungsinya digunakan untuk navigasi darat, laut, dan udara.

5. Satelit Militer (Military Satellite)


Satelit ini tentu digunakan untuk kepentingan untuk kepentingan milliter seperti intelligence gathering atau pengamatan intelejen berbasis satelit, untuk navigasi serta komunikasi milliter. Satelit ini tidak dapat digunakan secara umum, namun khusus untuk keperluan milliter bertukar informasi.

6. Satelit Ilmial (Scientific Research Satellite)


Satelit yang meneyediakan informasi mengenai informasi mateorologi, data survei tanah, radio amatir dan berbagai aplikasi  riset ilmiah lainnya secara lengkap.
  • Mengapa Satelir itu Penting?
Meskipun masih ada teknologi telekomunikasi terrestrial seperti fiber optik, BTS, gelombang radio, dan lain-lainnya. Namun peran teknologi telekomunikasi via satelit lebih efisien karena memilliki area cakupan yang lebih luas dibanding terrestial, serta bisa digunakan dimana saja bahkan di daerah terpencil sekalipun yang jauh dengan teknologi telekomunikasi terrestrial.

Selain itu, satelit juga tentunya lebih cepat digunakan untuk keperluan penelitian, pengamatan, hingga pemetaan lokasi ketimbang menggunakan kendaraan darat. Selain tidak prakstis, menggunakan kendaraan darat juga membutuhkan waktu yang tidak singkat sehingga dianggap tidak efisien untuk membantu keperluan-keperluan tersebut. Sekaligus satelit ini berguna untuk mencari tahu tentang informasi iklim permuakaan bumi hingga cuaca dengan cepat dan lebih akurat.
  • Kesimpulan
Intinya, satelit, merupakan teknologi yang memang tepat diciptakan dan berguna untuk kelangsungan hidup manusia. Salah satu dampak posisifnya dapat dilihat dari sistem terlekomunikasi, yang semakin mudah menguhungkan satu dengan yang lain meski terbentang jarak ribuan kilometer. Termasuk dalam bidang pengamtan, navigasi, milliter dan lain sebagainya tentu perad saatelit ini tidak lepas dari aspek tersebut.

Kecepatan dan keefesiensian juga tidak lepas dari peranan satelit ini sehingga banyak pihak yang justru memilih menggunakan teknologi satelit ketimbang memakai teknologi manual. Semisal untuk pengamtan bumi saja, beberapa pihak lebih memilih menggunakan satelit dari pada kendaraaan darat yang dinilai tidak prakstis dan efisien untuk mendapatkan informasi dengan cepat. Intinya, satelit berperan banyak untuk kehidupan manusia tanpa pernah disadari.



Mari Bergabung Bersama kami Di VIPKASQQ,NET dan Buktikan Diri kamu lalu WD Sebanyak banyaknya dengan menantang Player lainnya di atas MEJA POKER dan mainkan sesuai pilihan kamu Hanya disini Bosku :) <3 Dengan DEPO /WD Minimal 20.000 sudah bisa bermain 8 macam permainan dalam 1 USER ID ^^ :) :)

Info lebih lanjut :

PIN : 55A9CFF6

Telp : +85598791608

Link Resmi

WWW,VIPKASQQ,NET

WWW,VIPKASQQ,ORG

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengenal DIRBS, Mesin Identifikasi dan Blokir Ponsel BM di Indonesia

Pemerintah bernecana akan memblokir ponsel-ponsel yang masuk Indonesia lewat jalur non-resmi alias black market ( BM ) melalui nomer unik...